Rabu, 20 Agustus 2008

Lumpia basah










Ada yang pernah denger apa itu lumpia basah??? pernah liat, makan, menyentuh atau bahkan jualan? good help me then. Lumpia basah itu salah satu makanan favorit gw. jaman kuliah s1, kalo gak sempet sarapan di rumah atau terbirit-birit ngejar kelas gak manusiawi yang masuk jam 7 pagi di hari sabtu n kelasnya dikunci dari dalem kalo telat, lumpia basah adalah penyelamat ketika ganti pelajaran di ciumbuleuit yang dingin. Sayangnya pas gw pindah ke jakarta, kok pada gak tau wujud lumpia basah itu kayak gimana si? gak ada yang jual pula. sedihnya!!!!!!!


Cuma gw bingung, asal-usul lumpia basah ini darimana si? gw dah coba browsing di internet tapi kok gak ada deskripsi tentang lumpia basah yang menyerupai lumpia basah bandung ya? gw kirain lumpia basah ini asli bandung. cuma si mamah tercinta yang kesundaannya tidak diragukan lagi pas pertama kali nyobain malah nanya: neng, kok kayak gini si, gak kayak lumpia semarang. Ya jelas gak kayak lumpia semarang kok, orang isinya aja beda. Lumpia basah yang banyak dijual di depan sekolahan ini tu gak pake udang dan gak pake rebung. Jadi, demi misi penelitian makanan kesukaan, gw sengaja gitu nongkrongin si mang lumpia yang lewat depan rumah. eh, yang jual malah gak gitu ngerti juga sejarahnya. Ditambah lagi dia juga gak ngitung sehari bisa jual berapa porsi, huehehehehe.


coba liat deh urutan foto-foto di atas. Bisa diliat, kalo lumpia basah bandung itu bahannya tauge, bengkoang yang digoreng, dan kalo mau dicampur sama telor. Cara masaknya tuh pertama siapin kulit lumpianya, trus diolesin sama cairan warna coklat yang kata si emang si dibikin dari gula merah dicampur aci (tepung kanji). Terus si toge, bengkoang dan telor itu ditumis pake campuran bawang merah, putih, garem dan penyedap rasa. Abis gitu, ditumplekin deh ke atas kulit lumpia dan digulung. CAra makannya gimana???? si gulungan lumpia dan daun pisang itu dimasukin ke dalem plastik trus dimakan deh pake sumpit. Jadi, darimanakah lumpia basah bandung berasal? jangan-jangan cuma satu lagi keisengan orang bandung dalam bikin variasi makanan lagi, nambahin brownies kukus, serabi rupa-rupa dan makanan ajaib nan enak lainnya.
Btw, belom familiar sama cara naro foto blogspot nih, hiks

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mau... lumpia basah. nyam nyam.